Review: JuuniKokki (12 kingdom Chronicle)

REMINISCENCE Of 12KOKKI

This is one great story i’ve ever know of, junni kokki is one of those story that got you hooked instantly. Oh iya buat yg blom nonton animenya (nonton dooong!!) Watch out for a little spoiler, buat yang dah nonton anime tapi ga baca novelnya watch out for update spoiler.

Sejak saya pertama kali nonton animenya tahun 2002 saya langsung tergila-gila, and until now the flair haven’t gone even a bit. Ceritanya amazing & karakterisasi-nya extraordinary. Cerita animenya diadaptasi dari novelnya Ono Fuyumi, tapi sayangnya Studio Pierrot yang bikin animenya menghentikan pembuatan sampai episode 45, padahal rencananya ada 68 episodes. Kabarnya karena character designer utamanya pada sakit (taihen kali ya bikin anime ini), dan akhirnya anime ini ditunda ampe lanjutan novelnya keluar. Tapi sampai sekarang juga blom ada kabar lanjutan anime dan novelnya (hiks sediiiih bgt).
Ceritanya animenya berpusat pada Youko Nakajima seorang gadis smu yg dibawa ke dunia lain dan menjadi ratu di negeri Kei (salah satu dari 12 negara dunia lain itu), kedengarannya plotnya familiar kan? Tapi jangan samain ama cerita 12kokki ama Fushigi Yuugi karena ga sebanding sama sekali. Dibanding Fushigi Yuugi, HarukaNaruTokiNoNakaDe, & Kyou Kara Maou dan sejenisnya cerita 12kokki jauh lebih kompleks, serius, dan seru. Bedanya ama Shoujo story sejenis, 12kokki hampir tidak ada unsur romance sama sekali, dan lebih fokus ke politik ke12 negara fantasi ini. Trus aspek perkembangan psikologis karakter2nya juga sangat diperhatikan. Mungkin klo mau dibandingin ceritanya lebih cocok ama Novel Romance of three kingdoms, atau Novel Taiko kali ya tapi plus mahluk2 aneh dalam novel fantasi kaya di Harry Potter atau Narnia. Soalnya emang anime ini diangkat dari novel juga sih. Novelnya sendiri ceritanya sedikit lebih lengkap dari animenya, tapi masih blom finish juga sih T_T. Klo di novelnya awal ceritanya lebih fokus ke karakter Taiki / Takasato Kaname kirin dari negeri Tai, walaupun saya juga suka bgt ama ceritaYouko tapi sebenarnya saya lebih cinta ama ceritanya Taiki yg belum selesai di anime dan novelnya, dan this particular part about Taiki yang bikin saya ga berhenti penasaran ampe sekarang >o,<” untungnya di novelnya ada sejumlah informasi lanjutan kisah Taiki yg malah bikin saya tambah penasaran.

Caution! Spoiler included!

The Twelve Kingdoms

Dunia12 negara di cerita juunikokki terdiri dari Kei, En, Tai, Kou, Hou, Ryu, Kyou, Han, Sai, Sou, Ren,& Shun, dan 6 laut (laut hitam, biru, merah, putih dan kuning & laut kosong (koukai)) dan ditengahnya ada gunung Houzan. Di animenya negara yg banyak diceritain cuman Kei, Kou, En, dan Tai. Sedangkan Kyou, Hou, Sai dan Ryuu Cuma ditampilin sedikit, dan sisanya cuma diperkenalkan nama negara dan rajanya doang dalam satu episode.
Dari 12 negara ada 12 Kirin (sejenis unicorn yg bisa berubah jadi orang) yg bertugas memilih raja (Ou) untuk memimpin 12 negara. Kirin adalah mahluk cantik dan bersifat belas kasih yg bertugas mendampingi raja atau ratu, biasanya mereka berpenampilan seperti manusia tapi bentuk asli mereka seperti Unicorn. Kata Ren-Ou di novelnya bila raja adalah guardian negara maka kirin adalah guardian(angel *hihi*)-nya raja, Klo katanya En-Ou kirin adalah Hanshin (the other half) nya raja *hyaaa kedengarannya romantis bgt*. Klo raja-nya dzalim atau melanggar aturan langit maka Kirin akan terkena penyakit Shitsudou (kehilangan jalan) dan akhirnya akan mati, bila kirin mati maka raja juga akan mati. On the other hand klo mereka bisa memimpin dengan baik maka mereka akan hidup selamanya tidak bisa sakit atau mati, kecuali klo mereka dibunuh pakai pusaka istana. Tidak hanya raja & kirin, pejabat dan pelayan mereka juga tdk bisa tua dan mati, mereka semua disebut Sennin. Kirin cowo namanya berakhiran Ki (kya Keiki, Enki & Taiki) sedangkan kirin cewe namanya berakhiran Rin (kaya Kourin & Renrin). Mereka dilahirkan dan dibesarkan di pulau Houzan (gunung Hou) di tengah 12 negara. Semua mahluk (termasuk kirin) di dunia 12 negara dilahirkan dari buah (Ranka) pohon Shashinboku. Terkadang bila terjadi Shoku (fenomena alam yg menghubungkan dunia kita dgn dunia 12 negara) Ranka tersebut bisa terlempar dari pohonnya dan tersesat di Hourai (dunia normal kita) dan dilahirkan sebagai manusia normal di Hourai. Orang2 12kokki yg dilahirkan di dunia kita disebut Taika (seperti Youko, Taiki, Enki, Shouryuu(En-Ou)). Terkadang ada juga manusia biasa yg tidak sengaja tersesat di dunia 12 negara (seperti teman2 Youko) orang2 ini disebut KaiKyaku. Selain itu ada juga manusia selain kirin yg bisa berubah menjadi binatang, mereka disebut Hanjyuu (half beast). Mereka2 ini biasanya mendapatkan diskriminasi dari orang2 normal (kecuali di negara En yg rajanya super duper keren sekali). Selain manusia ada juga mahluk lain seperti bermacam-macam binatang Youjyuu/Kijyuu & Youma. Youma adalah mahluk buas dgn kemampuan supernatural, Youma yang kekuatannya sangat besar (misalnya Toutetsu) bisa berubah menjadi mahluk apa saja termasuk manusia. Kirin biasanya mengikat perjanjian dengan Youma yang ia tangkap dan menjadikan mereka shirei yg melindungi kirin dan rajanya dengan imbalan tubuh kirin bila ia mati karena shitsudou atau sebab lain. Selain Youma yg menjadi Shirei ada juga Youma yg mengasuh kirin sejak mereka lahir yg disebut Nyokai.

Kei (KeiTouKoku)

Ruler: Empress Kei, Youko Nakajima, “Sekishi” nantinya diganti jadi ”Sekiraku”
Saiho: Keiki
Palace: Gyouten

Pemerintahan ratu Kei sebelumnya Jokaku cuma bertahan 6 tahun. Dia jatuh cinta pada Keiki dan berniat memusnahkan semua wanita di kerajaannya (supaya tdk ada yg menggoda Keiki). Dia bukanlah pemimpin yang baik sehingga Keiki sempat terkena Shitsudou. Untuk menyelamatkan nyawa Keiki dia memohon hukuman mati ke Houzan. Kemudian Keiki mencari pemimpin baru dan menemukan Youko di Horai (Wa/Jepang).

En (EnShuuKoku)

Ruler: Emperor En, Komatsu Saburo Naotaka, ”Shoryuu”
Saiho: Enki, Rokuta
Palace: Hankyou

Walaupun terlihat serampangan dan seenaknya, raja En yang sekarang telah memerintah selama 500 tahun, hasilnya kerajaan En menjadi kerajaan yang damai dan makmur (kedua setelah kerajaan Sou) dengan hanya mengandalkan hasil pangan dari tanahnya yg subur. Baik En-Ou maupun Enki adalah Taika yg berasal dari Jepang seperti Youko. Hubungan Kirin dan rajanya yg satu ini termasuk yg paling unik. Enki mungkin satu-satunya kirin yg berani menjitak rajanya sendiri. Enki memang sudah punya nama sendiri (Rokuta) ketika ia dilahirkan di dunia manusia tapi biasanya kirin diberi nama baru oleh rajanya sebagai tanda sayang dan penghargaan. Dan untuk Enki ”nama kesayangan” yg diberikan oleh Shouryuu adalah ”Baka” (hehehe:P), katanya sih karena kirin itu campuran rusa dan kuda (kanjinya ”Baka” itu kuda (ba) & rusa (ka)) padahal sepertinya nama itu cuma buat ngolok-ngolok Enki doang. 😛

Tai (TaiKyokuKoku)

Ruler: Sou “Saku Gyousou” – Missing
Saiho: Taiki, Takasato Kaname, nicknamed “Kouri” – Missing
Palace: Hakkei palace

Keadaan Kerajaan Tai sedang tidak stabil karena Raja dan Kirin yang dikabarkan telah tewas.Namun, karena sekian lama belum ada ranka kirin Tai baru di gunung Hou, dicurigai mereka masih hidup. Nantinya diketahui bahwa Gyousou dikhianati oleh seo
rang rekannya yg cemburu dengan posisinya sekarang. Taiki, kirin kerajaan Tai adalah kirin hitam yang sangat langka dan sepertinya ia memiliki kekuatan paling besar diantara kirin lainnya (walaupun ia sendiri tidak menyadarinya) karena ia bisa menaklukkan Toutetsu (Youma terkuat) sebagai shirei-nya. Kerajaan Tai terkenal dengan produksi kristal ”gyoku” dan udaranya yg sangat dingin.

Kou (KouShuuKoku)

Ruler: Emperor Kou **deceased** dijuluki ”Saku-Ou”
Saiho: Kourin **deceased**, “Kouwa”

Raja Kou ingin memusnahkan Youko sebelum jadi ratu karena kecemburuan dan kebenciannya terhadap Taika. Kou-Ou dijuluki Saku-Ou, yang artinya, “raja yg salah” atau “raja yang bodoh”. Setelah raja dan kirinnya meninggal ranka kirin baru sekarang tumbuh di gunung Hou.

Hou (HouKyokuKoku)
Ruler:Emperor Hou **deceased** , Chutatsu “Retsu-Ou”
Saiho:Hourin **deceased**

Karena kekejaman rajanya yang terlalu keras dalam menerapkan hukuman mati, rakyat Hou memberontak di bawah pimpinan Gekkei yang nantinya memimpin sementara. Raja dan kirinnya dibunuh dan putrinya diusir dari istana. Nantinya putri tersebut bertemu dengan Ratu Kyou dan Ratu Kei (Youko) nama putri itu adalah Shokei. Sayangnya belum ada ranka kirin baru untuk Hou di Houzan

Ryuu (RyuuHokuKoku)
Ruler: Emperor Ryuu, Jo Rohou
Saiho:Ryuuki

Raja Ryuu yg sekarang masih bertahan selama 120 tahun lebih, tapi sekarang keadaan kerajaan sebenarnya masih diliputi misteri. Sepertinya banyak pejabat di Ryuu yang korupsi dan dikabarkan kirin-nya sedang terkena shitsudou.

Kyou (KyouShuuKoku)
Ruler: Empress Kyou, Shushou
Saiho:Kyouki

Ratu Shushou dari Kyou telah memerintah selama 90 tahun lebih (dari timeline novel) walaupun masih terlihat seperti anak kecil, karena saat ia dipilih menjadi ratu umurnya masih 12 tahun. Ratu Shushou kadang terlihat sinis dan seenaknya, sebenarnya dia adalah gadis yg percaya diri, berpendirian kuat dan seorang pemimpin yg mampu menjadikan Kyou kerajaan yg makmur. Dahulu Ia kesal dengan kirin yang setelah sekian lama masih belum menemukan raja yg baru sehingga ia memutuskan sendiri datang ke Gunung Hou untuk menjadi ratu. Kisahnya di ceritakan di novel Tonan no Tsubasa (The Aspired Wings) tapi belum dianimasikan.

Han (HanSeiKoku)
Ruler:Emperor Han, Go Ranjou
Saiho:Hanrin, ”Risetsu”

Raja Go Ranjou dan Hanrin telah memerintah selama 300 tahun lebih. Mereka suka bertengkar mulut dengan Raja En dan Enki karena perbedaan karakter; Enki memandang mereka sebagai orang2 aneh, tapi pada intinya hubungan 2 kerajaan ini baik2 saja ^__^ Kerajaan Han terkenal dengan kerajinan tangan yang indah yg diekspor ke kerajaan lain. Raja Go Ranjou dan kirin-nya pun menyukai segala sesuatu yg indah dan elegan. Lucunya Raja Go Ranjou (laki-laki) suka berdandan seperti perempuan dan memanggil kirinnya dengan sebutan Hime (putri).

Sai (SaiShuuKoku)
Ruler: Empress Sai “Kouko”
Saiho: Sairin “Youran”

Ratu Sai dan Sairin telah memerintah kira2 100 tahun. Sairin & Ratunya terkenal karena kelembutan dan kebaikan hatinya. Nama resmi Sai-Ou adalah Kouko, meaning “golden mother-in-law”, dia adalah bibi dari raja sebelumnya. Dia adalah raja Sairin yang kedua. Sairin selalu terlihat membawa sebuah ranting, sebagai memento (peringatan) atas janji raja pertamanya kepadanya untuk memimpin dgn baik, yg kemudian ia langgar sehingga ia sempat menderita Shitsudou.

Sou (SouNanKoku)
Ruler:Emperor Sou, Ro Senshin
Saiho: Sourin, ”Shoushou”

Kerajaan yang bertahan paling lama sepanjang sejarah 12 negara, telah bertahan selama 600 tahun. Keluarga Sou-Ou ikut membantu menjalankan pemerintahan dan aktif dalam kegiatan sosial.

Ren (RenKyokuKoku)

Ruler: Emperor Ren, Ou Seitaku
Saiho: Renrin
Palace: Urou Palace (雨潦宮, lit. Showering Rain), located at the north of Mt. Jyuurei (重嶺山).

Ren-Ou bernama Ou Seitaku, berasal dari keluarga petani, Sehingga ia tidak terbiasa dengan formalitas kerajaan dan memilih menghabiskan di ladang perkebunan dalam istananya. kebalikannya, Renrin sangat anggun dan rapih dan sangat mementingkan formalitas. Renrin mempunyai gelang Goukanda yang menghubungkan 2 dunia (Horai &12 koku) tanpa menyebabkan Shoku. Gelang itu dulu digunakan untuk mengembalikan Taiki ke Gunung Hou.
Kisah mereka diceritakan di novel Kasyo no Yume-Toei, di cerita itu, Taiki berkunjung ke Ren untuk berterimakasih pada Renrin and Ren-Ou yg telah mengembalikan Taiki ke asalnya.

Shun (ShunKyokuKoku)
Ruler: Emperor Shun
Saiho:Shunki

Raja Shun dan Shunki telah berkuasa selama 40 tahun-an, kondisi keduanya masih belum diketahui. Kerajaannya terkenal dengan produksi kristal.

The Anime
Di dalam animenya muncul karakter original Asano and Sugimoto, teman2 Youko yang terbawa menemani Youko ke dunia 12kokki. Karakter mereka dibuat untuk membantu perkembangan karakter Youko di animenya.
Animenya terbagi pada bagian-bagian berikut:
“Tsuki no Kage, Kage no Umi” (Shadow of the Moon, Sea of the Shadow), episodes 1-14
Youko pertamakali masuk ke dunia juunikokki dan menemui takdirnya.
“Kaze no Umi, Meikyuu no Kishi” (Sea of the Wind, Shore of the Labyrinth), episodes 15-21
Menceritakan tentang Taiki, sang kirin hitam
“Shokan” (Correspondence), episode 22
Surat menyurat antara Rakushun dan Youko, Rakushun yang beradaptasi dengan sekolah barunya dan Youko beradaptasi dengan posisi barunya sebagai ratu
“Kaze no Banri, Reimei no Sora” (A Thousand Miles of Wind, The Sky of Dawn), episodes 23-39
Youko berjuang sebagai Kei-Ou.
“Jougetsu” (Ally of the Moon), episode 40
Sedikit cerita tentang negeri Hou.
“Higashi no Wadatsumi, Nishi no Soukai” (Sea God of the East, Azure Sea of the West), episodes 41-45
Flashback Cerita En-Ou dan Enki mengatasi pemberontakan.

The Novels
Kalau di anime ceritanya mulai dari tsuki no kage kage no umi, di novelnya cerita yg paling pertama diterbitin itu Mashou no Ko yg menceritakan tentang Taiki remaja di dunia kita. Tapi memang lebih baik mulai bacanya dari Tsuki no kage, kage no umi karena cerita ini yg paling pas memperkenalkan dunia JuuniKokki

Mashō no Ko (魔性の子) “The Demonic Child” : Cerita Taiki –Takasato Kaname- di Jepang yg kehilangan ingatan. Di dalam novelnya ada tokoh bernama Hirose guru sementara yang banyak menolong Takasato Kaname.
Tsuki no Kage, Kage no Umi (月の影 影の海) “Shadow of the Moon, The Sea of Shadow”: Youko menjadi Kei-Ou.
Kaze no Umi, Meikyū no Kishi (風の海 迷宮の岸) – “Sea of the Wind, Shore of the Labyrinth”: Taiki kecil memilih Tai-Ou.
Higashi no Watatsumi, Nishi no Sōkai (東の海神 西の滄海) – “Sea God in the East, Vast Sea in the West” : cerita negara En.
Kaze no Banri, Reimei no Sora (風の万里 黎明の空) – “A Thousand Miles of Wind, The Sky at Dawn” : Youko, Suzu, Syoukei membebaskan provinsi Wa di negara Kei.
Tonan no Tsubasa (図南の翼) – “The Aspired Wings” (Cerita Syusyou menjadi Kyou-Ou.)
Tasogare no Kishi, Akatsuki no Sora (黄昏の岸 暁の天) – “The Shore at Twilight, The Sky at Daybreak” : Risai bertemu Youko untuk membantu mencari Taiki di Hourai. Kemunculan pertama Han-Ou GouRanjou & Hanrin yang eksentrik
Kasho no Yume (華胥の幽夢) – “The Dream of Prosperity” (Beragam cerita pendek tentang Tai, Hou, Kei, Sai & Sou.)
Kasho (華胥) :
Toei (冬栄) : Cerita tentang Taiki kecil yg sedang belajar dan ditugaskan mengunjungi Renkoku untuk berterima kasih
Shokan (書簡): Cerita Youko dan Rakushun?
Kizan (帰山) :
Jogetsu (乗月) : cerita negara Hou setelah Ou sebelumnya jatuh

SOURCE
Wikipedia, “http://en.wikipedia.org/wiki/The_Twelve_Kingdoms”
http://encyclopedia.thefreedictionary.com/The+Twelve+Kingdoms
http://12kirin.fc2web.com/kon/
http://www.otyaku.com/animeObserver/

Official web
Japan, http://www.12kokuki.com/
USA, http://www.12kingdoms.us/

PETITION FOR JUUNIKOKKI FANS
http://www3.rocketbbs.com/401/12kirin.html

Advertisements

6 thoughts on “Review: JuuniKokki (12 kingdom Chronicle)”

  1. hmm mungkin karena karakternya banyak bgt jadi susah diingat ya^_^iya animenya ama novelnya juga blom tammat T_Tterakhir animenya tentang flashback pemberontakan di kerajaan En, klo di novelnya yang terakhir sampai Taiki balik lagi ke 12kokki dgn bantuan Youkoaaah kono anime ga daisuki nan da >_<!–

  2. yes it’s a pity that the writer haven’t continue writing the series. i wish i can see the next story in the anime form again T__Tif you wish to read a little about what happen after the anime ended you can read the online novel translation inhttp://www.eugenewoodbury.com/index.html> Tasogare no kishi, akatsuki sora> about risai asking for help in Kei kingdong to bring Taiki back into 12kokki’s worldhttp://tu-shu-guan.blogspot.com/> Mashou no ko>about what happen to Taiki (Takasato Kaname) in the human world

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s